Kamis, 21 Oktober 2010

(SWOT) “PERUSAHAAN KECAP MANIS CAP IKAN LELE”

(SWOT)
“PERUSAHAAN KECAP MANIS CAP IKAN LELE”

Suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya memerlukan koordinasi yang baik dan tepat antara pimpinan dan fungsi – fungsi yang ada dalam perusahaan. Fungsi – fungsi tersebut yaitu fungsi pemasaran, fungsi produksi, sumber daya manusia, riset dan pengembangan dan sebagainya. Untuk menghadapi persaingan yang ketat dalam memasarkan produknya setiap perusahaan telah memiliki atau menentukan bauran pemasaran misalnya tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk, menentukan pangsa pasar, menentukan harga jual produk yang terjangkau oleh konsumen dan lain sebagainya.Perusahaan kecap manis cap ikan lele ini berlokasi di daerah Pati dan pada awalnya hanya didistribusikan di daerah sekitar Pati saja namun karena banyak mengalami keuntungan aknhirnya produsen mencoba memasarkannya keluar-luar daerah.
Keunggulan dari kecap ini antara lain yaitu :
1. Kecap ini memproduksi kecap yang mempunyai rasa manis yang agak berbeda dari kecap lain.
2. Harga yang ditetapkan dari perusahaan memang lebih murah dari kecap Nasional dan kecap Bango sehingga konsumen lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.
3. Kecap ini juga di produksi dari kedelai hitam asal Pati yang memiliki kualitas yang juga sudah terkenal.
Pendistribusian kecap ini juga melalui agen dan pengecer serta mempromosikan produknya lewat Radio-radio dan personal selling. Perusahaan ini mengutamakan mutu dan kualitas sehingga pembuatannya pun juga hieginis dan termasuk terbaik juga dikalangan kecap-kecap lainnya.
Peluang yang didapatkan karena keunggulan tersebut antara lain sudah mulai bisa mendistribusikan ke luar daerah yang memang banyak mengalami kenaikan permintaan produk. Selain itu kecap ini juga sudah amat laris didaerah Pati karena keunggulannya sehingga pemilik perusahaan ingin mengembangkan produknya agar dapat didistribusikan keluar daerah untuk mulai bersaing dengan produk kecap lainnya. Produsen juga mulai mengutamakan faktor-faktor penunjang kelebihan dari perusahaan antara lain yaitu :
a) Produk
Faktor-faktor yang diutamakan ialah mutu, kemasan dan merek.
b) Harga
Faktor-faktor yang diutamakan ialah perusahaan menetapkan biaya yang telah dikeluarkan serta melihat harga dari produk pesaing.
c) Promosi
Faktor-faktor yang diutamakan ialah memilih jenis promosi dari luas pasar hingga target pasar yang akan ditentukan.
d) Pendistribusian
Faktor-faktor yang diutamakan ialah menentukan kemana arah dari pemasaran produk agar dapat mengalami peningkatan permintaan.
Dengan adanya faktor penujang ini diharapkan perusahaan dapat meraup keuntungan lebih banyak lagi serta mendapatkan rlasi dan konsumen lebih banyak lagi.

Namun dibalik keunggulan itu semua perusahaan ini juga masih memiliki kekurangan dan kelemahan antara lain perusahaan juga sedikit merugi dikarenakan modal yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan, masih banyak kekurangan relasi sehingga pemasaran kurang berkembang serta target pemasaran juga belum terkontrol sempurna sehingga pemasaran agak sedikit terhambat.
Selain itu juga banyak ancaman dari luar antara lain dengan perusahaan kecap Tiga keong dan kecap Bintang yang memang juga agak ternama di daerah itu disebabkan karena kedua perusahaan itu mulai meningkatkan produksi dan mutu serta kualitas kecapnya sehingga perusahaan kecap Ikan lele harus berjibaku dengan kedua perusahaan tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.

4 komentar:

  1. sebenernya kecap lele punya ciri khas tersendiri,, dan setiap produk memiliki pasar tersendiri

    BalasHapus
  2. setuju juga, kecap cap ikan lele mempunyai cita rasa yang kuat sehingga membuat konsumen bisa membuat masakan lebih nikmat plus lebih irit karena kecapnya yang kental, dan yang paling utama kecap ini sangat sehat karna tidak pake MSG sama sekali, so kita bisa tetap hidup sehat.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sedia gula merah asli kelapa siap kirim partai besar

    BalasHapus